Jumat, 04 Maret 2011

NGELMU dalam pandangan SANGKAN PARANING DUMADI



NGELMU
JIKA kita mendalami KETUHANAN dengan suatu cara memakai GURU dan BUKU,maka cara yang demikian itu dinamakan ILMU PENGETAHUAN,WETENSCHAP,SCIENCE,ATAU KAWERUH.
yang dimaksud dengan guru ialah manusia yang langsung atau tidak memberikan pelajaran,dan dengan buku dimaksudkan semua KITAB yang langsung maupun tidak di buat oleh orang.
dengan cara mendalami ketuhanan yang demikian itu maka pengertian tentang KETUHAHANAN yang kita dapat ialah merupakan hasil pemikiran,karena itu dinamakan KAWERUH.
Pengertian itu kita dapat dari pengetrapan indera,atau tumanduk ing weruh,jadi kaweruh atau ilmu pengetahuan itu hanya merupakan suatu cara untuk mendalamai ketuhanan.
jika kita mendalamai ketuhanan dengan suatu cara yang lain,yaitu dengan suatu cara yang tanpa guru dan tanpa buku,tetapi dengan TUHAN yang dianggap hidup dan maha tahu itu dijadikan guru dan bukunya,maka cara ini bukan lagi dinamakan ilmu pengetahuan atau kaweruh.
tidak ada lagi guru- orang dan kitab tulisan-orang yang dipakainnya.
Cara mendalami ketuhanan tanpa guru dan tanpa buku yang demikian itu dinamakan NGELMU,-------NGELMU jadi juga hanya merupakan suatu cara untuk mendalami KETUHANAN.
tulisan ini bukan nasehat,dan bukan buku pengetahuan yang membahas suatu ilmu dengan cara yang sistematis,tetapi hanya mrupakan suatu pengumpulan pandangan rohani yang kami himpun sebagai iktiar untuk mawas diri dalam ngelmu yang kami hidupi. ngelmu kasampurnan.
dengan ini maka kami tidak mengajak pembaca untuk memandang suatu soal rohani dari sudut pandangan kami,itu tidak baik,dengan demikian kami mencampuri urusan pribadi anda,tiap orang itu berlaianan watak dan sifatnya,dengan begitu berlainan pulalah cita-rasannya.
Kehidupan rohani adalah soal pribadi.umpamakan saja uraian kami ini sebagai hidangan makan sederhana,masakana yang sederhana .masakan yang kirannya cocok ambilah.dan sempurnakan sampai menjadi cocok dengan selera anda sendiri .dengan begitu anda bisa mengambil manfaat dari hidangan kami yang sederhana ini.
begitu pula pada tiap perjamuan makan ..para tamu tidak diwajibkan untuk menikmati semua hidangan.kumpulan dari pandangan pribadi ini jadi tidak kami sajikan karena kebutuhan untuk di dengar,ditrima,dipercaya,tetapi merupakan suatu hidanagan rohani yang kami keluarkan dari kalbu hati,supaya kami dengan lebih gampang bisa menyadari diri.
mudah -mudahan tuliasan kami yang masih muda dalam nilai rohani ini bisa memberi kesumbangan untuk mengurangi prasangka terhadap NGELMU,dan semoga pembaca dapat menemukan sugesti yang cocok sebagai bahan renungan untuk disempurnakan.
timakasih saudaraku semua atas kehadirannya ditempat sederhana ini.semoga kehadiran saudaraku poro kadhang kang kinasih ..dapat menambah terang jagad gumelar sagung dumadi..amien.

kita semua sudah tahu ..bahwa kupu-kupu itu terjadi dari ulat,ulat membuat kepompong dan dari kepompong keluarlah kupu-kupu...
terjadinya kupu-kupu dari ulat adalah suatu fakta yang kita alami.kita percaya,bahwa kupu-kupu itu terjadi dari ulat.tetapi kita tidak mengerti bagaimana ulat bisa berubah menjadi kupu-kupu.walaupun kita tidak mengerti ..namun kita percaya bahwa kupu-kupu terjadi dari ulat.
kita sudah biasa melihat fakta itu terjadi.percaya akan adanya dan percaya akan terjadinya sesuatu itu tidak perlu kita mengerti,
fakta bahwa kupu-kupu itu keluar dari kepompong adalah dasar dari kepercayaan akan terjadinya kupu-kupu dari ulat.
kepompong adalah kedap air,kedap udara,kedap cuaca dan dibuat dari bahan yang tidak gampang tersobek dengan tangan.kupu-kupu tidak mempunyai gigi...tetapi hanya mempunyai belalai kecil untuk menghisap sari bunga .
kita tidak mengerti bagaimana kupu-kupu bisa keluar dari kepompong yang begitu kuat .walaupun kita tidak mengerti,...namun kita percaya bahwa kupu-kupu dengan kekuatan sendiri keluar dari kepompong...percaya itu tidak perlu mengerti.

ROH.
*ROH : adalah benih hidup,pribadi,berbadan rohani,yang tidak atau belum punya fungsi hidup dalam mahluk.
*NYAWA:adalah daya hidup yang punya fungsi menghidupi roh dalam mahluk.nyawa adalah daya pelengkap dan bukan benih hidup,nyawa adalah ANA.
*SUKMA: adalah roh,benih hidup perincian,yang sedang punya fungsi hidup dalam mahluk,dimana berada semua pangkal aktivitas jiwa sebagai akte (pasif).
*JIWA : adalah sukma,yang dengan watak,sifat ,naluri dan nafsu badan menghidupi raga menjadi pribadi di dunia ini (aktif).
-jiwa dan sukma adalah satu sebagai daya,dengan perbedaan kapasifannya ada dalam sukma da keaktifannya ada dalam jiwa.
sebutan jiwa dalam diri dalam diri manusia menurut ngelmu,hanya dipakai selama manuusia masih hidup dengan badan jasmani didunia.
besok sesudah kematian,jiwa manusia tidak dinamakan jiwa lagi,karena tidak berbadan jasmani.meskipun demikian,roh manusia sesudah kematian tetap punya badan,karena roh manusia memiliki badan rohani.
-sesudah kematian roh manusia dengan badan rohaninya dinamakan sukma juga,sukma jadi adalah roh ,benih hidup perincian,yang sedang atau sudah punya fungsi hidup di dunia.
-selama hidup didunia ini,pribadi manusia terdiri dari raga dan jiwa,dan manusia dalam kepribadiannya inilah yang lazimnya menyebut dirinya 'AKU' .
-kepribadian manusia yang terdiri dari raga dan jiwa merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dengan tidak merugikan kepribadiannya.
-jiwa dan raga adalah dwi tunggal.maka dari itu,walaupun hidup rohani dan hidup jasmani ada dua kenyataannya ,tetapi dua kehidupan itu merupakan satu dalam rangkaian .
_begitu pula kehidupan manusia didunia ini merupakan benih dan kenyataan darimana akan tumbuh kehidupan rohaninya sehabis kematian.
_sebagai kesatuan kepribadian manusia berlangsung sampai terpisahnya raga dan jiwa,karena kematian.dengan kematian ini selesailah sudah peranan jiwa di dunia ,tetapi sukma melangsungkan kehidupannya dengan berbadan rohani.
_bagaimana bentuk kehidupan sukma sehabis kematian ini,bukan menjadi bidang dari semu kamuksan.kepribadian manusia itu jadi tidak didasarkan atas tubuhnya,tetapi atas jiwannya.sesudah kematian,maka sukma manusia dengan badan rohaninya tetap merupakan pribadi.
_karena hanya sukma sebagai pribadi dapat di bedakan dari sukma lainnya dan hannya suatu pribadi pula akan punya kesadaran untuk mengenal tujuannya.
-gejala atau gerak gerik jiwa dalam diri kita,seperti :melihat ,memikir,menimbang dan lain sebagainnya,itu adalah rentetan gejala yang tidak bediri sendiri,tetapi merupakan gejala yang mengada dan berpangkal dari suatu inti daya.
-aktivitas kita dala hidup sehari2 digerakkan oleh suau pangkal daya yang berada di luar aktivitas itu.karena kita dapat mengatakan,bahwa sifat jiwa ialah hakiki,artinya mengandung inti.inti daya dalam jiwa adalah pangkal dari semua aktivitasnya.
dengan dmikia kita dapat membedakan:
*- inti- daya sebagai pangkal aktifitas ( pasif), dan
---aktifitas jiwa itu sendiri (aktif).
meskipun inti daya adalah pangkal dari semua aktivitas jiwa,tetapi inti-daya berada diluar aktivitas tersebut.inti -daya siang dan malam tetap berfungsi:
- walaupun kita tidak menghendaki,
- walaupun kita tidak berkehendak,
- walaupun kita tidak menyadari,dan
- walaupun kita dalam keadaan tertidur.
inti -daya berfungsi;
-melangsungkan kehidupan vital diluar kehendak,seperti pertukaran zat,peredaran darah dan lain sebagainya.
-melangsungkan aktivitas manusia sebagai pemuasan nafsu yang di kehenddaki.
-melangsungkan reaksi manusia diluar kehenddak terhadap adannya suatu perangsang ( reflek).
inti-daya dalam jiwa merupakan pangkal hidup vital dan pagkal dari semua aktivitas jiwa.
inti-daya tersebut dalam ngelmu dinamakan SUKMA dan ada dalam keadaan pasif diluar aktivitas JIWA .SUKMA jadi ialah inti-daya yang pasif dan JIWA adalah daya hidup yang aktif dalam diri manusia.
-batas kemampuan kaweruh adalah JIWA,karena JIWA mempunyai gejala-gejala lahir dalam aktivitasnya yang dapat di cerap dengan indera.
-perihal SUKMA manusia tidak biisa disebut kaweruh lagi,karena akal manusia tidak mampu untukk memikirkannya.SUKMA hanya bisa dimengerti dengan RASA,rasa perincian manusiawi yang di bangkitkan oleh rahmat (tinarbuka).
pengetrapan rasa untuk bisa mengerti hal ikwal SUKMA - itulah NGELMU...namun NGELMU KASUKSMAN bukan merupakan cara untuk mengetahui perihal SUKMA semata.
-dasar ngelmu kasukman ialah daya ghaib yang ada.daya ghaib tidak bisa dipakai untuk mengerti tentang kehidupan kekal demi pengetahuan.ngelmu kasukman jadi hanya bertujuan kekekalan dan kesempurnaan JIWA..
sik tak nyruput wedhang kopi lan nyumet jisokam...monggo ..poro sepuh ..sami pinarak lan dipun sekecakaken lenggahipun...ugi matur nembah nuwun ..rawuh panjenengan sami mugi hanambahi pepadhanging jagad gumelar..sagung dumadi..
OLAH KEPRIBADIAN AGUNG PAMBUDI 9 JANUARI 2011 IN BATAVIA

15 komentar:

  1. NGELMU yoiku..KAWERUH SESURUPANING BATHIN,
    Lha yen wis katindakake kudu kanthi mantepe budi,nelukake angkoro murko ninggal tindak kang sarwo olo.

    BalasHapus
  2. Sakabehing kahanan kang wus lumantar iku cetho mujutake kasunyatan anane minangka jejeging manungso bisa nggayuh kapribaden luhur kang nyata nora bakal bisa manungso ngungkuli apa kang dadi kekarepane,yen ora jumbuh marang daya kekuatane dewe,becik nindakake apa anane alon alon waton kelakon. Rahayu sagug dumadhi.

    BalasHapus
  3. belajarlah dari kehidupan, maka akan kita temukan hakekat kehidupan yang sebenarnya

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. monggo mas benny sepyantoro..nembah nuwun rawuhipun salam rahayu

      Hapus
  5. Sugeng rahayu, nderek sinau dados murid panjenengan mas agung pambudi, kulo saking pare, kediri. Tapi domisili di pontianak

    BalasHapus
  6. sugeng rahayu kang budi.....salam saduluran lan mugi2 tansah pinaringan tambahan ilmu dunyo lan akhirat sarana ridho lan barokahe gusti allah.amin

    BalasHapus
  7. Sugeng Rahayu poro kadhang kinasih..matur sagunging panuwun rawuhipun..rahayu ingkang sami pinanggiha..

    BalasHapus
  8. menarik mas ... sungguh nuansa yang perlu terus dikaji tapi sirah rasane cemut2 ...

    BalasHapus
  9. sugeng rahayu mas Agung...saya pingin mendalami ttg sedulur papat..bolehkah saya balajar/ ngelmu ke panjenengan, matur suwun

    BalasHapus
  10. matur sembah nuwun mas agung, engkang sampun minaringi isi kang luhur, salam dalem, rahayu sagung dumadi.

    BalasHapus
  11. semoga bsa ketemu d.kayangan hehe

    BalasHapus