Jumat, 04 Maret 2011

SUKMA -DALAM PANDANGAN SANGKAN PARANING DUMADI.

SUKMA - DALAM PANDANGAN SANGKAN PARANING DUMADI
Olah kepribadian Agung Pambudi.


RAHAYU SAGUNG DUMADI
SUKMA: adalah Roh,benih hidup perincian,yang sedang punya fungsi hidup dalam mahluk,dimana berada semua pangkal aktivitas jiwa sebagai akte (pasif).


ROH atau Sukma Manusia adalah benih Hidup.benih Hidup adalah daya hidup perincian.kehidupan adalah daya hidup yang ana,Daya itu energi ,dan bukan materi .ada,tetapi tidak berbentuk.tiap benih hidup,jadi tiap daya hidup perincian itu harus-nya punya wadah (Ruang) untuk bisa dinamakan benih hidup perincian .Ruang adalah Norma dari suatu kehidupan.Sukma adalah benih Rohani,karena itu sebagai wadah,maka Sukma mempunyyai badan Rohani:
-Aku manusia sebagai benih kehidupan.
-Badan Rohani sebagai wadah-nya.

tiap Roh tentu memnpunyai:
-AKU
-HIDUP,dan,
-SADAR (terang).

 AKU,hidup dan sadar adalah kaidah,dan bukan sifat dari Roh.
sifat berarti ciri keadaan (hoedaningheid),dan kaidah adalah ketentuan (norm) dari sesuatu.Roh Manusia itu bukan satu(siji),tetapi suatu kesatuan (sawiji).
 Roh atau Sukma Manusia merupakan perpaduan antara tiga ketentuan yang sama sifatnya,Rohaniyah,namun berbeda fungsinya:Aku,Hidup,dan Sadar,dalam rangka kegaiban.tiap Roh mempunyai aku,dan tiap Roh tentu Hidup dan Sadar
 Tandanya Roh itu Hidup ialah berkehendak,tetapi kehendak itu bukanlah Aku.Kehendak berasal dari Aku,Aku yang hidup:tetapi aku bukan kehendak itu dan kehendak bukanlah Aku. meskipu berasal dari Aku,namun adanya kehendak itu bersama-sama Aku.Tidak ada Aku tanpa kehendak,dan tidak ada kehendak tanpa Aku

 Tandanya kalau Aku itu Hidup adalah berkehendak,dan tandanya kalau kehendak itu ada ialah: bisa dihayati dalam Rasa.memang Rasa adalah Alam dari tiap Kehidupan.

 Tiap Roh itu tentu Sadar,karena Sadar merupakan ketentuan pula dalam Roh.
Tanpa kesadaran,tidak akan ada Aku .dan tidak akan ada kehendak,tetapi kesadaran bukan Aku dan bukan kehendak.
 Kesadaran itu ada bersama-sama Aku dan Hidup.Kesadaran adalah ketentuan dalam Roh,dan bukan-nya berasal dari Aku atau dari Hidup.begitu pulalah halnya dengan dengan lain ketentuan dalam Roh: Aku dan Hidup.kaidah dari Roh itu ada,dan tidak saling meng-Asal-kan .Aku, Hidup dan Sadar adalah tiga ketentuan yang berpadu menjadi Roh.
 meskipun Roh itu merupakan perpaduan dari tiga ketentuan,namun yang kita hayatI dan kita hidupi hanya satu:Roh,Sukma atau Jiwa.Roh adalah Pribadi dan Tunggal
 Roh adalah tritunggal.Roh sebagai tritunggal adalah suatu Pribadi yang kekal,terdiri dari tiga ketentuan yang sama sifatnnya,tetapi berbeda fungsinyya,ketentuan -ketentuan mana kedalam bisa kita hayati dalam fungsinya masinng -masing,tetapi keluar hanya bisa kita hidupi sebagai satu pribadi.

 perpaduan antara Aku,Hidup dan Sadar menjadi Tritunggal yang tidak Kudus (Suci).dan tidak sempurna,Roh atau Sukma Manusia itu,terjadi dalam rangka kegaiban ,dari hukum kebebasan ada .kebebasan menjadi keadaan atau suasana dari perpaduan itu.
 kebebasan menjadi ciri pembawaan Roh,berlaku terhadap keadaan-nya kedalam.setiap Roh atau Sukma bersifat:
--bebas dalam kesadaran-nya,dan
--sadar dalam kebebasan-nya..
dan setiap Aku adalah bebas pula dalam kehendaknya.kehendak manusia adalah bebas:
-bebas dari paksaan langsung,tetapi
-tidak bebas dari pengaruh lingkungan, dan
---tidak bebas dari kekuasaan hukum dimana Sukma itu meng-Ada.
 ke-Ada-an Sukma dalam kediri-an-nya ialah menurut atau dalam kekuasaan hukum-hukum dari Alam dimana Sukma mengada.
 Di alam Dunia terikat kepada hukum -hukum alam lahiriyah yang berlaku terhadap raga yang harus di-Hidup-i-nya.dan dialam Roh terikat kepada hukum-hukum Alam Rohaniyah.

 didalam Alam nyata Lahiriyah dan Alam nyata Rohaniyah ,Sukma terikat kepada kebutuhan untuk melangsungkan kehidupan aktifitas-nya.Semua benda- hidup yang berada dalam alam kehidupan yang aktif tentu terikat kebutuhan akan sesuatu untuk melangsungkan aktifitasnya.
 Sukma adalah perpaduan antara tiga ketentuan Rohaniyah yang tidak kekal,jadi tidak bisa mati,tetapi bisa musnah.mati berarti tidak hidup dengan meninggalkan unsur-unsur yang akan kembali menjadi materi asalnya di Alam ana,sedang musnah berarti tidak-hidup,tetapi lenyap kembalai ke dalam alam ketiadaan.

 SUKMA sebagai benih hidup perincian senantiasa ada dalam Alam Rasa perincian,Alam Rasa Manusiawi yang tidak kekal.Dalam Rasa itu maka semua kaidah,sifat dan pembawaan dari Sukma bisa kita hayati dengan Terbukannya hati terhadap pengertiann,dan dan tidak dengan kecerdasan otak.
Sukma Manusia jadi mempunyai:
-Kaidah yang menentukan kepribadian-nya,
-sifat yang menentukan kediriannya,
-pembawaan yang menentukan kepribadiannya,
----rasa yang menentukan kediriannya.
sebagai benih hidup yang berfungsi dalam kehidupan tiap Sukma mempunyai pembawaannya sendiri-sendiri,yaitu::
-Hayat,kekuatan benih sebagai daya pertumbuhan,
-watak,ciri benihh sebagai daya kesadaran,dan
-bakat,kemampuan sebagai daya kehidupan.
 tiap Sukma jadi punya Aku-nya sendiri,aku-perincian dan tiap Aku itu tentu Hidup.Aku manusia adalah suatu pribadi yang :
-berwatak,
-berbakat,dan
-berkehendak.
Aku Manusia menyatakan diri dalam kehendak dan perbuatan.kehendak adalah tandanya kalau Aku itu Hidup.kehendak adalah saluran daya Cipta Manusia untuk melakukan Aktivitas-nya.
 kehendak adalah saluran yang berpangkal dari kesadaran dan Akal Budi.karena itu dari kehendaknya maka Aku-Manusia dapat dimengerti.Kehendak adalah saluran Aku-Manusia untuk memperistiwakan dirinya dalam perbuatan.
Kehendak aalah peristiwa Rohani dan Perbuatan ialah perisiwa Jasmani dari Aku-Manusia.Kehendak adalah buatan dan milik Manusia.itulah satu-satunya buatan dan milik manusia dalam dirinya,sedang lainnya manusia tidak mampu untuk membuatnya:

-SUKMA MANUSIA TIDAK DAPAT MENCIPTA,
-NYAWA MANUSIA TIDAK DAPAT MEMBUAT,
-WADAG MANUSIA KITA TIDAK DAPAT MEMBIKIN.
Aku Manusia adalah benih Hidup,dan kreasinya dinyatakan dalam kehendak dan perbuatan.Aku-Manusia adalah Aku perincian tidak kekal.kehendak Manusia adalah serba -berubah .tiap kehendak memiliki sifat pembawaan dari Aku-nya: bebas

Kehendak adalah:
* bebas dari paksaan,tetapi
--tidak bebas dari pengaruh.
Kehendak adalah buatan Manusia,tetapi bebas ialah ciri pembawaan dari Aku.Manusia tidak ada yang mempunyai kehendak yang tidak bebas dari paksaan.BEBAS adalah sutu penyempurnaan kepribadian:Sukma Manusia.Kehendak bebas Manusia adalah fakta Rohani .
suatu fakta dalam diri tiap orang yang dapat dihayati sendiri,dan tidak dapat dibuktikan kepada orang lain.kehendak bebas manusia adalah fakta Rohani dan pembuktian pribadi.
 mulai dari kelahiran tiap anak sudah menunjukkan kebebasan dalam kehendak-nya.kesadaran atas kehendaknya yang bebas ini merupakan pertumbuhan dalam jiwa manuusia yang dipengaruhi oleh banyak unsur dalam kehidupan.
 dan di dalam kesadaran akan pengendalian atas kehendaknya yang bebas letak jalan hidup manusia menuju cita yang dituju.kehendak bebas adalah perisai rohani.dengan kehendaknya yang bebas tiapa Manusia mampu untuk menerima atau menolak setiap unsur yang akan mempengaruhi dirin-nya untuk disesuaikan dengan cita hidupnya.
 Manusia adalah suatau kepribadian yang berdikari dan berkehendak bebas dalam hubungannya dengan kehidupandalam alam semesta.kesadaran adalah pangkal kendali Manusia atas kehenddaknya,dan berkehendak bebas dalam hubungannya denagn kehhidupan dalam alam ssemesta.
 Kesadaran adalah pangkal kendali Manusia atas kehendaknya,dan kehendak adalah saluran pernyataan Manusia mengenai ketentuan hati-nya.kebebasan dalam kehendak Manusia memang hanya dapat diatasi oleh kesadaran-nya,tetapi segala sesuatu yang telah disadari itu tetap ada dalam rangka kebebasan.

Aku Manusia adalah Sadar atas kebebasannya dan bebas dalam kesadarannya,Orang lain hanya dapat mempengaruhi,dan tidak dapat memaksa se-sama-nya dalam kehendak yang bebas,ini semua adalah suatu kenyataan dalam diri tiap umat.kenyataan ini seharusnya dapat kita terima dengan segenap kerendahan Hati.Kehendak berasal dari Aku.,Aku dan Kehendak adalah satu,dan tidak bisa dipisahkan:
-Aku dalam pernyataanya.
-Aku dalam kreasinnya
-Aku dalam pengharapan-nya,dan 
-aku dalam tujuan-nya.
Siapa Mengerti Kehendak-Nya,tentu mengerti Aku-Nya.siapa Mengerti Kehendak-Nya tentu berkenan kepada Aku-Nya.siapa yang bersatu dalam kehendak-Nya juga bersatu dalam Aku-Nya.sebagai Aku ,maka kita akan tetap terpisah tetapi didalam kehendak kita dapat bersatu.dalam Rasa Pribadi Kehendak dapat dihayati,tetapi dalam perbuatanlah kehendak itu baru dapat dihidupi.
Hanya didalam perbuatan,maka kita dapat mengerti dan melakukan apa yang di kehendaki orang lain. hanya dalam perbuatan kita dapat melakukan persatuan kehendak dengan orang lain.
Persatuan kehendak cuma bisa dilakukan dalam perbuatan yang kita hayati dan kita hidupi.untuk dapat melakukan ini,maka kita harus memenuhi tiga syarat:
*---perbuatan harus dikehendaki,
-----perbuatan harus dilakukan dalam realitas sekarang,
-----peerbuatan harus bersama-sama dilakukan.

Diriku yang sekarang adalah suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri bahwa Aku adalah Diriku yang saat ini sedang berbagi dengan para kekasih..di sepertiga malam ini...inilah kenyataan tentang hidup kita saat ini...maka hanya puji syukur kehadiuta Illahi Robbi bahwa kita masih dapat bertemu dalam hablum minannas kita..detik ini.....semoga bahagialah senantiasa duhai para saudaraku ..dan sahatbatku semua.

 bagaikan Wadah Aku menampung keluh kesah..menerima Suka dan Duka..Penerimaaan dan Penolakan ..Puji dan Caci Maki Segala Warna Kutampung dalam Adonan Cinta..tuk menjadi Hidangan lezat agar kirannya..semua dapat merasakan ..betapa indahnya ..saaat ini..berbagi kasih dalam kemesraan Rahmat Illahi Robbi..

Ahir kata 

HAMUNG KASUWUNGAN KANG BISO MADAHI JAGAD SAKISINE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar