Jumat, 04 Maret 2011

"BAWANA TRAYA" dalam pandangan SANGKAN PARANING DUMADI

Olah kepribadian agung pambudi di sepertiga malam ,sabtu 29/01/2011

sang bayu membisikkan sesuatu yang rahasia padaku dan ia hantarkan hawa sejuk pegunungan kutub utara yang dingin selembut salju..menerpa wajah-wajah sang penggalang cinta..salamku padamu dimalam ini duhai semesta.
sugeng ing madyaning ratri..kairing suminaring condro ingkang tansah hamadhangi jagad gumelar sagung dumadi kinoyo netro jagad hanyekseni poro titah kang tumitah hamemuji mring gusti kang murbeng dumadi...djojo ing bojo,djojo djojo nuswantoro.





tulisan ini bukan nasehat,dan bukan buku pengetahuan yang membahas suatu ilmu dengan cara yang sistematis,tetapi hanya mrupakan suatu pengumpulan pandangan rohani yang kami himpun sebagai iktiar untuk mawas diri dalam ngelmu yang kami hidupi. ngelmu kasampurnan.
dengan ini maka kami tidak mengajak pembaca untuk memandang suatu soal rohani dari sudut pandangan kami,itu tidak baik,dengan demikian kami mencampuri urusan pribadi anda,tiap orang itu berlaianan watak dan sifatnya,dengan begitu berlainan pulalah cita-rasannya.
Kehidupan rohani adalah soal pribadi.umpamakan saja uraian kami ini sebagai hidangan makan sederhana,masakana yang sederhana .masakan yang kirannya cocok ambilah.dan sempurnakan sampai menjadi cocok dengan selera anda sendiri .dengan begitu anda bisa mengambil manfaat dari hidangan kami yang tidak berharga ini.
begitu pula pada tiap perjamuan makan ..para tamu tidak diwajibkan untuk menikmati semua hidangan.kumpulan dari pandangan pribadi ini jadi tidak kami sajikan karena kebutuhan untuk di dengar,ditrima,dipercaya,tetapi merupakan suatu hidanagan rohani yang kami keluarkan dari kalbu hati,supaya kami dengan lebih gampang bisa menyadari diri.
mudah -mudahan tuliasan kami yang masih muda dalam nilai rohani ini bisa memberi kesumbangan untuk mengurangi prasangka terhadap NGELMU,dan semoga pembaca dapat menemukan sugesti yang cocok sebagai bahan renungan untuk disempurnakan.
timakasih saudaraku semua atas kehadirannya ditempat sederhana ini.semoga kehadiran saudaraku poro kadhang kang kinasih ..dapat menambah terang jagad gumelar sagung dumadi..amien..
kita semua sudah tahu ..bahwa kupu-kupu itu terjadi dari ulat,ulat membuat kepompong dan dari kepompong keluarlah kupu-kupu...
terjadinya kupu-kupu dari ulat adalah suatu fakta yang kita alami.kita percaya,bahwa kupu-kupu itu terjadi dari ulat.tetapi kita tidak mengerti bagaimana ulat bisa berubah menjadi kupu-kupu.walaupun kita tidak mengerti ..namun kita percaya bahwa kupu-kupu terjadi dari ulat.
kita sudah biasa melihat fakta itu terjadi.percaya akan adanya dan percaya akan terjadinya sesuatu itu tidak perlu kita mengerti,
fakta bahwa kupu-kupu itu keluar dari kepompong adalah dasar dari kepercayaan akan terjadinya kupu-kupu dari ulat.
kepompong adalah kedap air,kedap udara,kedap cuaca dan dibuat dari bahan yang tidak gampang tersobek dengan tangan.kupu-kupu tidak mempunyai gigi...tetapi hanya mempunyai belalai kecil untuk menghisap sari bunga .
kita tidak mengerti bagaimana kupu-kupu bisa keluar dari kepompong yang begitu kuat .walaupun kita tidak mengerti,...namun kita percaya bahwa kupu-kupu dengan kekuatan sendiri keluar dari kepompong...percaya itu tidak perlu mengerti.

ngelmu kasukman dan semu kamuksan...apa pendapat anda tentang dua hal ini...monggo..sesarengan dipun wedar...
benarkah hanya sukma yang kembali kepada sang daya hidup dalam kasampurnan...lalu bagaimana dengan 4 unsur yang ditinggalkanya..
sukma yang melanjutkan perjalanan hidupnya dari fase kefase..hingga ketujuan ahir....adalah bidang ngelmu kasukman.
anggugu ing semu bakal tinemu....adalah bagian dari semu kamuksan..
kamuksan membahas seluruh berpulangnya sagung dumadi.
berpulangnya sagung dumadi menuju kasuwungan..awal yang tiada berawal adanya ketiadaan yang ada bukan zat dan bukan sifat ,tidak pula mempunyai asma yang melahirkan af al......SUWUNG IKU HAMENGKU ONO.

"BAWANA TRAYA"
BAWANA berarti jagad atau alam kehidupan.
bawanatraya adalah tiga alam kehidupan yang ada di dalam semesta ini.

tiga alam kehidupan itu bisa kita bedakan dalam
-bawana langgeng (alam kekal).
-bawana driyo ((alam lahiriah).
-bawana triya (alam rohaniyah).



langgeng berarti serba tetap (ora owah gingsir).langgeng adalah serba tetap adanya dan serba tetap sifatnya.driya berarti tampak (katon)sedang triya berarti tidak tampak (ora katon) tiga alam yang berbedasifatnya itu dinamakan TRILAKSANA atau tiga sifat.

trilaksana terdiri dari
-kalanggengan (kekekalan)
-kadriyan(lahiriyah)
-katriyan (rohaniyah).

alam kelanggengan ialah alam suwung yang tidak mempunyai purwa dan wasana.

alam kadriyan adalah alam dunia yang mempunyai purwa dan wasana.

alam katriyan ialah alam ROH Yang mempunyai purwa dan wasana.

kalagengan itu SUWUNG,kadiyan dan katriyan itu ANA............SUWUNG ITU AMENGKU ANA.

ANA itu da dalam SUWUNG....ANA adalah segala sesuatu yang nyata,nyata lahiriyah dan nyata rohaniyah.

badan wadag itu ana,dan jiwa manusia itu juga ana....ana adalah semesta raya iniada dalam ketiadaan.suwung adalah ketiadaan.

SUWUNG itu tidak mempunyai awalan (purwa) dan tidak mempunyai ahiran (wasana)....ANA adalah kenyataan (kasuyatan) jadi mempunyai purwa dan wasana.

ADA itu bisa merupakan.:
-SUWUNG yaitu ada tanpa purwa dan wasana
-ana yaitu ada dengan purwa karena cipta-ada rohani.
-ana yaitu ada dengan karena lahir-ada jasmani.
-ana yaitu ada dengan purwa karena tumbuh-ada alami.
-ana yaitu ada dengan purwa karena buatan-ada manusiawi.

ANA-KADRIYAN dan ANA-KATRIYAN Tidak memiliki kelangsungan dari adanya,karena sekali waktu akan mengahiri adanya.

ANA-LANGGENG adalah SUWUNG yang memiliki kelangsungan dari adanya.sawetah adalah langgeng dan kelangsungan dari kelanggengan itu,disini dan sekarang ,bebas dari waktu dan ruang.

disini yang abadi dan sekarang yang abadi lepas dari waktu dan ruang adalah kehidupan yang tidak berpurwa dan tidak berwasana.

disini yang langgeng dan sekarang yang langgeng adalah WUR atau tanpa batas (tanpa wangenan) adalah sifat dari segala sesuatu yang kekal.

adanya waktu dan ruang adalah lepas dari adanya kehidupan yang tanpa purwa dan wasana.karena langgeng adalah bebas dari waktu dan ruang.

kelanggengan tidak bisa di hayati di dalam waktu ,tetapi hanya didalam kehidupan.

kehidupan yang langgeng jadi sekarang harus ada disini juga harus ada.dimana saja dan bilamana saja kehidupan yang langgeng itu ada.

sawetah bisa dihayati setiap waktu dan setiap tempat dalam kehidupan yang gumelar.

disini dan sekarang,setiap waktu dan setiap tempat semua alam kehidupan dapat dihayati dengan rasa yang sesuai:
-alam kadriyan bisa dihayati dengan rasa perincian manusiawi yang tidak kekal,
-alam katriyan bisa dihayati dengan rahsa perincia...n sukma yang tidak kekal,
-alam langgeng bisa dihayati dengan rasa saetah yang mawana dalam bawana.

adanya suatu alam itu ditentukan oleh demensi dan kaidahnya,dan tidak oleh namanya.suatu alam kehidupan harus bisa dihayati dan dihidupi disini dan sekarang.

demensi adalah pengamatan dalam ruang.tiap alam kehidupan itu minimum harus terdiri dari tiga demensi,yaitu panjang,lebar dan dalam.kurang dari tiga demensi,seandainya hanya dua demensi saja,namanya bukan ruang,tetapi dataran atau luas.diatas dataran atau luas hanya bisa dilukiskan suatu gambaran,dan tidak bisa dilakukan suatu kehidupan.....


olah kepribadian agung pambudi di sepertiga malam ,sabtu 29/01/2011


4 komentar:

  1. Sak mantune nyimak, kulo aturaken matur sembah nuwun.

    BalasHapus
  2. giatel pam tarung akun a......nab unu aew ola tok pam,

    BalasHapus
  3. mukhamad is seteiawan mas.p

    BalasHapus